SAINS DAN TEKNOLOGI

Saturday, April 27, 2013

|


TENTANG SAINS DAN TEKNONOLOGI


            Kemajuan sains dan teknologi membawa kejayaan dan kebahagiaan ummat manusia. Kenikmatan dan kemudahan hidup serta berbagai hiburan hidup didapat sebagai hasil sains dan teknologi. Kekurangan lahan pertanian dapat diatasi dengan mengubah gurun – gurun pasir serta daerah tertutup salju menjadi areal pertanian yang subur. Jalak perjalanan, yang dulu ditempuh berbulan – bulan, saat ini hanya berbilang jam, bahkan tak lama lagi bisa sekian detik saja. Mobil yang dijalankan dengan battery dan energi surya pun mulai dipakai. Ilmu kedokteran pun mulai mengagumkan. Ginjal, paru – paru, jantung, dan alat tubuh penting lainnya telah dibuat dan diperdagangkan sebagaimana layaknya onderdil – onderdil mesin. Orang tua yang dulu dianggap bakal tak punya anak, kini sismsalabim, lahirlah si Upik dan si Buyung. Dengan teknik – teknik termaju seleksi gen bersamaan dengan diagnosa janin dan perawatan yang cermat terbuka harapan yang memungkinkan “mengendalikan kualitas” keturunan kita.
            Banyak, banyak sekali kalau kita sebutkan satu persatu. Belum lagi metode memperlambat ketuaan, darma wisata ke ruang angkasa atau ketepi alam semesta ini. Begitu juga perkembangan computer dan teknologi komunikasi yang kian canggih dan sempurna yang akan dapat memberi kita solusi di berbagai bidang kehidupan. Robot pun kian banyak mengambil alih tugas manusia.  Teaching machine yang jauh lebih baik dan efisien, telah menggantikan fungsi guru, untuk menambah kekurangan tidur.
            Dalam kehidupan manusia selalu terdapat sains dan teknologi yang digunakan sebagai acuan untuk menginterpretasikan dan memahami lingkungan beserta isinya, serta digunakan sebagai alat untuk mengeksploitasi, mengolah, dan memanfaatkannya untuk pemenuhan kebutuhan manusia. Sains dan teknologi dapat berkembang melalui kreativitas penemuan ( discovery ), penciptaan ( invention ), melalui berbagai bentuk inovasi dan rekayasa. Kegunaan nyata dari sains dan teknologi bagi manusia sangat tergantung dari nilai, moral, norma, dan hokum yang mendasarinya. Sains dan teknologi tanpa nilai sangat berbahaya dan manusia tanpa sains dan teknologi mencerminkan keterbelakangan. Dalam konteks diatas, hubungan antara sains, teknologi, dan manusia menjadi penting, sebab seperti yang kita ketahui, teknologi ( produk sains ) lahir karena adanya kebutuhan manusia untuk mempermudah segala aktivitan dan kegiatannya.
ü  SAINS DAN TEKNOLOGI
            Sains secara umum didefenisikan sebagai pengetahuan ( knowledge ) yang didapatkan secara sistematis tentang struktur dan prilaku segala fenomena yang ada di alam beserta isinya. Sedangkan teknologi merupakan aplikasi dari sains sebagai respons atas tuntutan manusia akan kehidupan yang lebih baik. Sains dan teknologi adalah hasil karya yang dilahirkan manusia. Maka tanpa adanya manusia kedua karya tersebut juga tidak akan ada.
            Dalam peradaban manusia, perkembangan sains dan teknologi sangatlah sentral. Hal itu menyebabkan banyak Negara berlomba – lomba untuk mengembangkan sains dan teknologi. Mereka percaya bahwa dengan majunya sains dan teknologi maka berimbas kepada kemajuan bangsa tersebut. Namun dalam penerapannya, sains dan teknologi selalu mempunyai dampak positif dan negatif.
ü  PENGARUH SAINS DAN TEKNOLOGI DALAM PERKEMBANGAN PERADABAN MANUSIA
            Sains dan teknologi adalah suatu bagian yang tak lepas dari kehidupan manusia dari awal peradaban sampai akhir kehidupan manusia. Sains dan teknologi terus berkembang seiring perkembangan peradaban manusia didunia. Jika melihat fenomena peradaban manusia dari masa kemasa, kita akan melihat dengan jelas bagaimana peran sains dan teknologi sangatlah sentral. Walaupun pada masa – masa awal, manusia belum ada konsep sains dan teknologi. Pada masa – masa itu ( seperti masa pra sejarah ) perkembangan peradaban manusia hanyalah dengan logika berfikir sederhana dan dari fenomena – fenomena alam yang sederhana. Misalnya, penemuan alat berburu sederhana pada masa pra sejarah, mungkin bagi kita adalah hal yang sederhana, akan tetapi pada masa itu penemuan tersebut adalah hal – hal yang sangat revolusioner dan hebat.
            Karena peran sains dan teknologi sangat sentral dalam perkembangan peradaban, maka kini banyak Negara yang berlomba – lomba untuk mengembangkan sains dan teknologi. Mereka percaya bahwa dengan majunya sains dan teknologi akan berimbas pada kemajuan bangsa tersebut. Dan memang benar faktanya demikian. Jika kita melihat sejarah dimana kemajuan sains dan teknologi sangat menentukan kemajuan bangsa bahkan dijadikan tolak ukur kemajuan bangsa. Jadi kita dapat menyimpulkan bahwa kemajuan sains dan teknologi berbanding lurus dengan kemajuan bangsa. Dan hal lebih penting yang bisa bangsa dapatkan dengan mengembangkan sains dan teknologi, yakni meningkatnya kesejahteraan bangsa.

ü  DAMPAK SAINS DAN TEKNOLOGI DALAM PERADABAN MANUSIA
            Pada satu sisi, perkembangan sains dan teknologi memang telah membawa manfaat luar biasa bagi kemajuan peradaban ummat manusia. Pada sisi lain, pesatnya perkembangan sains dan teknologi membawa pengaruh negative. Gejala dehumanisasi merupakan salah satu dampak negative sains dan teknologi. Gejala dehumanisasi yaitu tergerusnya nilai – nilai kemanusiaan.
            Berikut adalah dampak positif perkembangan sains dan tenkologi dalam kehidupan :
·        Menjadi sumber pegetahuan yang selalu berkembang dimasanya.
·        Dapat menjadi segala pusat pertukaran informasi.
·        Memberikan informasi yang tepat, cepat, dan akurat
·        Bidang komunikasi sudah tidak mengenal batas antara jarak dan waktu.
·        Bidang transportasi dapat memberikan banyak pilihan jenis transportasi pada manusia dengan variasi kecepatan waktu dan harga

Berikut adalah dampak negative perkembangan sains dan teknologi dalam kehidupan :
·        Dengan begitu cepatnya pertukaran informasi yang cepat dan tidak dapat terbendung, maka mulai marak terjadinya kemorosotan moral.
·        Secara tidak sengaja manusia yang sedang dimanjakan oleh teknologi yang dibuat manusia semakin malas dan bodoh. Hal itu terjadi karena semakin ringkasnya pekerjaan manusia yang ditangani oleh mesin
·        Banyak limbah dari teknologi modern yang tidak bisa diolah sehingga menimbulkan tumpukan sampah teknologi yang tidak bisa didaur ulang.

ü  SAINS DAN TEKNOLOGI PANDANGAN ISLAM
            Sains  dan teknologi adalah suatu bagian yang tak lepas dari kehidupan manusia dari awal peradaban sampai akhir kehidupan manusia. Sains  dan  teknologi terus berkembang seiring perkembangan peradaban manusia di dunia. Pada hakikatnya , Kemajuan sains dan teknologi adalah sesuatu yang tidak dapat  dipisahkan dalam kehidupan ini, karena kemajuan sains dan  teknologi akan berjalan sesuai dengan peningkatan kebutuhan manusia . Perkembangan sains dan teknologi dalam peradaban manusia tidak hanya memberikan dampak positif  bagi manusia namun juga dapat menimbulkan dampak negatif.
Kita pernah mendengar bahwa ada orang – orang yang beranggapan bahwa kerusakan dunia ini terjadinya perang, moral bejat, akhlak tercela, dan lain – lain, adalah disebabkan oleh teknologi. Maka dari itu teknologi harus dijauhi.
Disamping itu, ada juga orang yang mengatakan bahwa tanpa adanya sains dan teknologi maka tidak mungkin peradaban manusia terjadi seperti saat ini. Adanya alat transportasi yang cepat, bisa komunikasi dengan siapapun didunia ini, adalah hasil sains dan teknologi. Tanpa teknologi hidup hidup pasti sulit. Maka teknologi itu penting dan adapun kerusakan yang ditimbulkan itu karena manusianya yang tidak bisa menggunakannya.
Dalam  pandangan islam, sains dan teknologi sangat penting untuk membangun peradaban yang kuat dan tangguh sebagaimana halnya dahulu para khalifah mendorong kaum muslim untuk menciptakan teknologi dan membuat karya ilmiah guna mengembangkan dan memanfaatkan sumber daya alam yang ada.
            Seperti kita ketahui para ilmuan muslim seperti al – khawarizmi ahli matematika, ibnu firnas konseptor pesawat terbang, jabir bin haiyan bapak kimia dan masih banyak lagi. Mereka semuanya mengerahkan segenap upaya dan berkarya untuk ummat. Jadi, islam tidak pernah melarang sains dan teknologi, tetapi justru islam terdepan dalam sains dan teknologi sejak 13 abad yang lalu.
            Islam merupakan suatu kemasyarakatan, pedoman hidup yang amat sempurna, tatanan jiwa dan sekaligus kekuatan kebudayaan. Hanya islam agama yang diridhoi Allah ( QS. 3:19 ) dan yang hanya dibenarkan oleh Allah ( QS. 3:85 ). Pokok – pokok ajarannya sama modernnya dengan hari esok. Islampun sanggup dihari ini mendengungkan era baru dalam hidup ummat manusia. Ia dapat menampilkan pada manusia peradaban baru dari hidup dan kehidupan di dunia ini. Dia menampilkan kebenaran dan keadilan. Pesan – pesannya menembus jantung dan menggetarkan jiwa. Dia sanggup  membebaskan manusia dari kurungan besi tuhan – tuhan palsu yang selalu membelenggu dan selanjutnya mengantarkannya ke zaman damai lagi makmur sesuai cita – cita seluruh manusia.
            Taqwa pada Allah dan berpegang teguh pada nilai – nilai moral adalah senjata utama yang sanggup mencegah hancurnya nilai – nilai kemanusiaan. Dan hanya wahyu Allah yang sanggup jadi kendali utama nafsu serta dapat menuntut langkah – langkahnya. (             QS. 45.23 ). 
Kesimpulannya adalah islam menjadi solusi terhadap tantangan zaman dalam membentengi diri dari kehancuran nilai – nilai moral dan kemanusiaan atas seiring berkembangnya peradaban yang didasari sains dan teknologi.

0 komentar:

Post a Comment

™Welcome to Bagu's08 Blog, Now Is Time To Be Smart™

Followers

Powered by Blogger.

Google+ Followers

Bagus

Bagus

Google+ Badge